Rabu, 21 Maret 2018

Band Terfavorit

Aku kira, semua orang sepakat kalau musik sangat berpengaruh pada kehidupan. Wujud musik berupa lagu-lagu, ampuh memengaruhi bahkan mambentuk suasana hati. Karena musik, sedih bisa berubah jadi senang, atau sedih bisa jadi tambah sedih. Itu tergantung pada genre musik dan suasana hati. Tergantung juga pada tujuan dan cara orang memaknai nada dan kata dalam sebuah lagu.
 
Pada unggahan yang bersifat personal ini, aku akan berbagi tentang band-band favoritku. Grup musik yang telah menghasilkan banyak lagu sebagai pengisi ruang-ruang dengarku dalam menjalankan beragam aktivitas, mulai dari mengerjakan tugas kuliah, menikmati perjalanan entah ke mana, menulis untuk isi blog ini, menjelang tidur, atau kala tak melakukan apa-apa.

Secara pribadi, soal musik, aku punya kriteria umum tersendiri. Pertama-tama, aku kurang tertarik pada grup musik tanpa instrumen. Entah itu grup vokal, atau penyanyi  solo-dua-trio-dst., yang hanya mengandalkan suara vokal. Itu karena aku menilai kelompok demikian, memiliki musikalitas yang rendah. Paling tidak, konser mereka hanya akan diisi alunan musik yang instan, plus suara vokal.

Karena patokan utamaku adalah soal kecakapan memainkan instruman, maka kriteria kedua, bahwa aku kurang tertarik dengan grup musik yang mengandalkan teknologi yang terlalu modern, sampai malah terlihat instan. Termasuk di sini, grup musik bergenre EDM (Electronic Dance Music) ala DJ (Disk Jockey) yang menciptakan lagu-lagu dengan teknologi semata, sampai master istrumen menjadi andalan utama. Tampak kurang artistik, menurutku.

Ketiga, aku tidak hanya menilai baik sebuah musik yang menyentuh atau menyenangkan pada pendengaran pertama. Banyak hal yang menyenangkan di awal, tapi membosankan kemudian. Dan yang membuatku seringkali bertahan pada sebuah lagu adalah soal kecerdikan para personil band menghasilkan harmoni yang indah. Soal bagaimana mereka memainkan instrumen masing-masing, seluar biasa mungkin, tanpa ada yang dianaktirikan dalam lagu. 

Nah, setelah menimbang-nimbang dan menyeleksi dari banyaknya grup band yang karyanya pernah kunikmati, maka kususunlah daftar band favoritku. Proses penyeleksian itu didasarkan pada pemenuhan kriteria umum di atas, lamanya lagu-lagu mereka kudegarkan, juga pada banyaknya lagu mereka yang pernah kudengarkan.

Dan, berikut ini, 14 band favoritku yang diurut dari yang favorit, sangat favorit, hingga terfavorit. Juga kusertakan 7 buah lagu mereka yang kuanggap terbaik di antara lagu-lagu mereka, yang  diurutkan dari yang terfavorit, sangat favorit, dan favorit:

Issues
Mad At Myself, Hooligans, Never Lose Your Flame, Princeton Ave, Coma, Yung & Dum, Slow Me Down

30 Second To Mars
From Yesterday, Kings and Queens, City of Angles, Vox Pupuli, The Kill, Closer To The Edge, Was It A Dream

The Wild Life
Over It, Stay Up Late, Puppy Love, History, Better With You, Take It Back, Break Down,

Goo Goo Dolls
Feel The Silence, Name, Iris, Black Balloon, Slide, Stay With You, Long Way Home

Ellegarden
Hana, I Hate It, My Favorite Song, Supernova, Marry Me, Perfect Days, Mr. Feather 

Lifehouse
Somewhere In Between, Whatever I Takes, Broken, You And Me, Everything, Good Enough, Take Me Away

Saosin
Finding Home, Nothing Is What I Seems, Voices, You’re Not Alone, Say Goodbye, It’s All Over Now, Bury Your Head

A Rocket To The Moon
Baby Blue Eyes, Like We Used To, Ever Enough, I Do, Dakota, Somebody Out There, On Your Side

The Used
I Caught Fire, Kissing You Goodbye, Blue and Yellow, Alone This Holiday, Smother Me, Empty With You, Buried Myself Alive

Radwimps
Me Me She, Order Made, Sparkle, Futarigoto, Sakebe, By My Side, Nandemonaiya,

Boys Like Girls
Hero/Heroin, Great Escape, Holiday, Thunder, Be Your Everything, Two Is Better Than One, Stuck In The Middle

Parachute
What I Know, She Is Love, Kiss Me Slowly, You And I, What Breaks My Heart, The Mess I Made, New Orleans

X

One Ok Rock
Yes I Am, Living Dolls, My Sweet Baby, Never Let It Go, Wherever You Are, Clock Strike, Kagerou

Tidak ada komentar:

Posting Komentar